Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekas "Alcatraz" Menangi Desain Terbaik

Kompas.com - 12/04/2013, 15:29 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Museum Desain London baru saja mengumumkan pemenang tujuh kategori Penghargaan Desain Tahunan. Ketujuh kategori meliputi bidang arsitektur, desain digital, fesyen, furnitur, grafis, produk, dan transportasi.

Untuk bidang arsitektur, tahun ini penghargaan diberikan kepada Tour Bois-le-Prêtre karya Frédéric Druot, Anne Lacaton, dan Jean-Philippe Vassal. Tour Bois-le-Prêtre yang berada di Paris bagian utara ini merupakan hasil transformasi fisik dan sosial dari fasilitas hunian pasca-perang.

Menurut Amanda Levete, anggota juri, "Druot, Lacaton dan Vassal telah berhasil memperbarui sebuah blok menara yang sebelumnya dikenal sebagai 'Alcatraz' itu. Kini gedung tersebut lebih baik, lebih elegan, jauh dari pendekatan kosmetik lainnya yang hanya mendandani bagian luar. Para penghuni dapat menempati ruangan yang lebih besar dan lebih terang."

Proyek ini menghabiskan hanya separuh dari dana penghancuran gedung maupun pembuatan gedung baru. Ini merupakan contoh baik dalam mengembangkan pemikiran cerdas dan orisinal untuk mengubah bagian tertinggal yang masih bisa ditemui di beberapa titik kota besar. Juri sepakat desain arsitektur ini merupakan yang terbaik.

Menurut situs Moma.org, pembaruan Tour Bois-le-Prêtre mencakup ekspansi luas bangunan masing-masing unit apartemen. Satu unit apartemen seluas 54 meter persegi dengan ruang keluarga sebesar 18 m2, diperbarui menjadi 92 m2 dengan ruang keluarga seluas 37 m2. Sebenarnya, masih ada beberapa skema perubahan dalam gedung tersebut. Namun, secara umum mereka ingin membuat hunian lebih besar dengan penambahan ruang sosial di dalamnya. Mereka juga menambah ekstensi sebesar tiga meter, taman musim dingin, balkon, dan elevator baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com