Kompas.com - 11/04/2013, 18:50 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

BANDAR SERI BEGAWAN, KOMPAS.com - Pertemuan antarmenteri luar negeri ASEAN sepakat memastikan upaya penyelesaian sengketa di perairan Laut China Selatan bisa dilakukan secara damai.

Selain itu penuntasan sengketa yang terjadi di perairan kaya sumber daya alam tadi juga harus selalu mengacu pada dan mengacu pada aturan internasional, terutama Konvensi Hukum Laut Internasional PBB (UNCLOS) tahun 1982.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Brunei Darussalam, Mohamed Bolkiah, Kamis (11/4), dalam siaran persnya usai menggelar rangkaian pertemuan antar menlu se-ASEAN, 10-11 April.

Bolkiah lebih lanjut juga menambahkan, para menlu se-ASEAN juga sepakat menugaskan para pejabat senior masing-masing agar terus aktif bekerja sama dengan pihak China, terutama dalam konteks upaya ASEAN menghasilkan kesimpulan awal COC terkait consensus mendasar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X