Kompas.com - 11/04/2013, 18:46 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

BANDAR SERI BEGAWAN, KOMPAS.com - Organisasi negara-negara kawasan Asia Tenggara (ASEAN) sepakat menjadikan forum pertemuan kawasan yang digagasnya (ARF) sebagai even yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan komunikasi antara kedua Korea yang bertikai saat ini.

Pertemuan ARF, di mana kedua Korea juga menjadi anggotanya itu, kemungkinan akan digelar Juli mendatang. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Kamis (11/4), usai mengikuti rangkaian pertemuan antar menlu ASEAN di gedung Pusat Konvensi Internasional (ICC), Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Wartawan Kompas, Wisnu Dewabrata, berkesempatan meliput rangkaian kegiatan tersebut. "Kerap kali dalam kondisi krisis, pihak-pihak yang bertikai cenderung mengunci diri, baik ke dalam maupun keluar, sehingga lupa untuk mengupayakan membangun komunikasi. Hal itu lah yang sekarang coba kami sampaikan sekarang kepada keduanya," ujar Marty.

Menjelang Juli, tambah Marty, pihak ASEAN akan coba menjajaki kedua pihak bertikai melalui upaya komunikasi informal. Dengan cara itu pula ASEAN ingin memastikan forum pertemuan (ARF) tidak akan terjebak menjadi sekadar pertemuan rutin. 

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X