Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisruh Suriah Cuma Berbuah Pecundang

Kompas.com - 11/04/2013, 16:37 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Karut-marut kisruh Suriah membuat Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akhirnya berkomentar. "Kisruh Suriah hanya berbuah pecundang, tak ada pemenang,"katanya sebagaimana warta televisi lokal Rusia, RTVi pada Kamis (11/4/2013).

Menurut hemat Lavrov kemudian, krisis hanya menguntungkan para pencari keuntungan yang tak hendak melihat Suriah menjadi negara berpengaruh di kawasan. "Makanya, kami mencoba untuk menenangkan situasi selama mungkin," katanya.

Sampai kini, aku Lavrov, Rusia terus melakukan diplomasi dengan berbagai pihak di Suriah. "Kami bernegosiasi dengan pihak pemerintah maupun dengan pihak oposisi,"tuturnya.

Rusia, imbuh Lavrov memilih menyalahkan Liga Arab dan negara-negara Barat yang tergabung dalam Dewan Keamanan PBB. Menurut Rusia, pihak-pihak itu cuma menuding Presiden Suriah Bashar al-Assad sebagai biang keladi kekerasan di Suriah selama ini. "Rusia menyalahkan Liga Arab karena menambah keruh persoalan dengan mengizinkan pasokan senjata bagi kelompok oposisi Suriah,'demikian kritik Sergei Lavrov.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com