Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokon Lontarkan Debu Vulkanis Setinggi 2.000 Meter

Kompas.com - 11/04/2013, 10:50 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Gunung Api Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, kembali melontarkan debu vulkanis, Kamis (11/4/2013) pukul 10.51 WITA. Kali ini ketinggiannya mencapai setinggi 2.000 meter.

"Lontaran material vulkanis tersebut disertai dengan dentuman yang kuat dan terdengar hingga ke Pos Pemantau Gunung Lokon yang berjarak 6 kilometer dari kawah," ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono.

Kolom abu yang terbentuk dari letusan Lokon tersebut tertiup angin ke arah Selatan Barat Daya. Letusan ini sudah diprediksi sebelumnya dari catatan alat deteksi yang ada di Pos Pemantau.

"Hingga kini Kawah Tompaluan masih terus mengeluarkan debu vulkanis," ujar Stanley Warouw, warga Tomohon yang yang rumahnya dekat dengan gunung teraktif tersebut.

Komandan Koramil Kota Tomohon, Kapten Ahmad Nurdin menegaskan walaupun aktivitas Lokon tidak pernah berhenti tetapi hingga sekarang belum dilaporkan adanya korban dari warga.

"Kami setiap saat selalu siap turun membantu warga yang terkena dampak letusan. Koordinasi juga terus kami lakukan dengan pihak-pihak terkait," ujar Nurdin.

Surono juga mengatakan bahwa pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut dan BPBD Kota Tomohon.

"Kerja sama tersebut sudah terjalin dengan baik selama ini sehingga bisa meminimalisir dampak korban dari letusan Lokon," ujar Surono.

Hingga kini status Gunung Lokon tetap pada label Siaga. Warga juga dilarang beraktivitas warga dalam radius 2,5 kilometer dari Kawah Tompaluan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com