Kompas.com - 11/04/2013, 09:51 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com — Gedung Putih, yang berselisih dengan Iran terkait program nuklir negara itu, Rabu (10/4/2013), menawarkan untuk membantu Teheran yang bergulat dengan gempa mematikan di Iran selatan.

Gempa berkekuatan 6,3 skala Richter mengguncang dekat stasiun tenaga nuklir Iran, Selasa, yang menewaskan 37 orang dan melukai 850 lainnya serta menghancurkan rumah dan dua desa kecil, kata laporan media Iran.

Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, Caitlin Hayden, mengatakan dalam satu pernyataan bahwa rakyat Amerika menyampaikan belasungkawa kepada rakyat Iran atas kehancuran yang disebabkan gempa itu. "Kami sangat sedih atas hilangnya sejumlah nyawa dan kerusakan yang disebabkan bencana itu, dan siap untuk membantu rakyat Iran pada saat ini," katanya.

Kedua negara tetap berselisih terkait dugaan bahwa Iran mengejar senjata nuklir. Presiden Barack Obama berjanji pada perjalanan ke Israel bulan lalu bahwa Amerika Serikat tidak akan membiarkan Teheran untuk memiliki senjata nuklir. Sejumlah sanksi internasional pun kini masih diterapkan terhadap Iran terkait dugaan upayanya untuk memiliki senjata nuklir, walau Iran berulang kali menegaskan bahwa program nuklirnya hanya untuk tujuan damai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X