Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delapan dari Sepuluh Menlu ASEAN Hadiri Pertemuan Retret

Kompas.com - 11/04/2013, 08:39 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

BANDAR SERI BEGAWAN, KOMPAS.com- Delapan dari sepuluh Menteri Luar Negeri negara-negara anggota organisasi kawasan Asia Tenggara (ASEAN) dan Sekretaris Jenderal organisasi itu akan menggelar pertemuan retret (ASEAN Ministerial Meeting/AMM), Kamis (11/4/2013) pagi, dan akan berlangsung selama 1,5 jam mulai pukul 09.00.

Dua menteri luar negeri yang dipastikan tak hadir berasal dari Malaysia dan Kamboja.

Menurut daftar kehadiran yang diterima wartawan Kompas Wisnu Dewabrata pagi ini, Menlu Malaysia Hanifah Aman diwakili Sekretaris Jenderal Kemlu Malaysia Mohd Radzi bin Abdul Rahman, sementara Menlu Kamboja Hor Namhong diwakili Wakil Menlu Kao Kim Hourn.

Saat ditemui tak berapa lama setelah tiba di hotel tempatnya menginap, Rabu sore kemarin, Menlu Marty Natalegawa memperkirakan sejumlah isu aktual, baik di dalam kawasan, antarkawasan, maupun yang tengah terjadi di dunia saat ini akan disampaikan dalam pertemuan retret.

Seperti kebiasaan selama ini, pertemuan retret hanya akan diikuti para menlu dan Sekjen ASEAN Le Luong Minh. Mereka akan berkumpul di dalam satu ruangan dengan format kursi saling berhadapan satu sama lain tanpa didampingi perwakilan delegasi seperti rapat-rapat atau pertemuan lain.

Dalam pertemuan retret setiap menlu bebas melempar isu atau usulan untuk dibahas bersama dan disepakati. Kemungkinan besar mereka akan membahas isu-isu yang terkait langsung dengan kepentingan negara masing-masing. Beberapa isu hangat yang kemungkinan besar dibahas, tambah Marty, seperti krisis di Semenanjung Korea, isu Laut China Selatan, serta isu-isu dalam negeri masing-masing negara, yang berdampak pada kawasan seperti masalah konflik sektarian berdarah di Myanmar atau insiden di negara bagian Sabah, Malaysia, yang melibatkan warga negara Filipina.

Rangkaian acara AMM retret pagi ini sebelumnya dibuka dengan makan malam (dinner) para menlu, juga di gedung Pusat Konvensi Internasional (ICC), Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. Persidangan antarmenteri luar negeri kali ini mempersiapkan pertemuan tingkat kepala negara (KTT ASEAN) ke-22, yang akan digelar pada 24-25 April mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com