Kompas.com - 10/04/2013, 19:41 WIB
EditorErvan Hardoko

PARIS, KOMPAS.com - Malang benar nasib unta yang dihadiahkan warga Timbuktu untuk Presiden Perancis Francois Hollande sebagai bentuk rasa terima kasih karena membebaskan kota itu dari pemberontak Islam, telah dimakan keluarga yang seharusnya merawat si unta.

Hollande mendapatkan hadiah seekor unta dalam kunjungannya ke Mali, Februari lalu setelah mengirimkan pasukan untuk membantu pemerintah Mali mengusir pemberontak yang didukung Al Qaeda.

Saat menerima unta itu, Hollande sempat berkelakar bahwa dia bisa menggunakan unta itu untuk menembus kemacetan lalu lintas kota Paris.

Awalnya, Hollande berniat untuk memvaksinasi si unta kemudian membawanya ke Paris untuk dipelihara di kebun binatang. Namun, akhirnya dia menyerahkan unta itu kepada satu keluarga lokal untuk dirawat.

Namun, memelihara seekor unta nampaknya terlalu berat bagi keluarga itu. Sehingga, mereka memutuskan untuk menyembelih dan memakan hewan malang tersebut.

Kabar soal nasib si unta, ternyata terdengar Menteri Pertahanan Perancis, Jean-Yves Le Drian yang kemudian menyampaikannya kepada Hollande.

Ternyata, menurut majalah Valeurs Actuelles, Le Drian mendapat tugas khusus untuk memantau perkembangan dan kabar si unta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengetahui hal ini, Pemerintah Mali merasa malu dan menjanjikan Presiden Hollande seekor unta baru untuk dikirimkan ke Paris.

"Setelah kami mendengar ini (nasib si unta), kami langsung menggantinya dengan unta yang lebih besar dan lebih bagus," kata seorang pejabat Mali.

"Unta ini akan kami kirim ke Paris. Kami sungguh merasa malu atas apa yang terjadi dengan unta yang sebelumnya. Unta itu adalah hadiah dan dia tak seharusnya mati," tambah si pejabat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.