Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pewarta Foto Perancis Kabur dari Sekapan Taliban

Kompas.com - 10/04/2013, 18:36 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Seorang pewarta foto Perancis, Pierre Borghi, berhasil kabur dari sekapan kelompok Taliban di Provinsi Wardak, Afganistan. Menurut warta AFP pada Rabu (10/4/2013), Borghi diculik kelompok itu sejak empat bulan silam.

Pada Senin (8/4/2013), ia berhasil melarikan diri dari sebuah gua tempatnya disekap. Di dalam gua itu, Borghi bahkan dirantai. Ia sempat ditampung di sebuah pos pemeriksaan pasukan Afganistan. "Tapi, kini dia aman di bawah perlindungan Kedutaan Besar Perancis di Kabul,"kata pernyataan Kementerian Dalam Negeri Afganistan.

Borghi berusia 29 tahun. Pria ini adalah pewarta foto lepas. Ia berasal dari Grenoble, wilayah Tenggara Perancis. "Borghi dalam keadaan sehat,"kata Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afganistan Sediq Sediqqi.

Pihak pemerintah Afganistan mengatakan Borghi diculik empat orang bersenjata di sebuah jalan pusat keramaian di Kabul pada 28 November 2012. Penculiknya menyembunyikannya di beberapa titik, termasuk di bagian belakang mobil.

Ada dugaan, Boghi menjadi korban penculikan organisasi kriminal. Ia lalu dijual ke kelompok Taliban.

Para penculik mengenakan penutup yang melilit wajah mereka. Para penculik juga beberapa kali merekam gambar Boghi sembari mengatakan, secara berubah-ubah, bahwa mereka adalah Taliban, Haqqani dan Al Qaeda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com