Kompas.com - 10/04/2013, 18:36 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Seorang pewarta foto Perancis, Pierre Borghi, berhasil kabur dari sekapan kelompok Taliban di Provinsi Wardak, Afganistan. Menurut warta AFP pada Rabu (10/4/2013), Borghi diculik kelompok itu sejak empat bulan silam.

Pada Senin (8/4/2013), ia berhasil melarikan diri dari sebuah gua tempatnya disekap. Di dalam gua itu, Borghi bahkan dirantai. Ia sempat ditampung di sebuah pos pemeriksaan pasukan Afganistan. "Tapi, kini dia aman di bawah perlindungan Kedutaan Besar Perancis di Kabul,"kata pernyataan Kementerian Dalam Negeri Afganistan.

Borghi berusia 29 tahun. Pria ini adalah pewarta foto lepas. Ia berasal dari Grenoble, wilayah Tenggara Perancis. "Borghi dalam keadaan sehat,"kata Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Afganistan Sediq Sediqqi.

Pihak pemerintah Afganistan mengatakan Borghi diculik empat orang bersenjata di sebuah jalan pusat keramaian di Kabul pada 28 November 2012. Penculiknya menyembunyikannya di beberapa titik, termasuk di bagian belakang mobil.

Ada dugaan, Boghi menjadi korban penculikan organisasi kriminal. Ia lalu dijual ke kelompok Taliban.

Para penculik mengenakan penutup yang melilit wajah mereka. Para penculik juga beberapa kali merekam gambar Boghi sembari mengatakan, secara berubah-ubah, bahwa mereka adalah Taliban, Haqqani dan Al Qaeda.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.