Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Virus H5N1 Tewaskan Satu Penderita

Kompas.com - 10/04/2013, 16:09 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Meski menjadi endemi sejak 2003 di Vietnam, virus flu burung H5N1 menewaskan lagi satu penderita. Menurut warta AP pada Rabu (10/4/2013), pasien itu seorang bocah laki-laki berusia empat tahun. Dia tinggal di Provinsi Dong Thap, Selatan Vietnam.

Otoritas Distrik Cao Lanh, tempat bocah itu tinggal, mengatakan kalau yang bersangkutan terkena virus itu dari seekor ayam yang dibeli neneknya sebulan silam. Ayam itu dibasmi saat bocah tersebut dalam kondisi tak sehat. "Penularan terjadi saat itu,"kata otoritas tersebut.

Sementara itu, seluruh peternakan ayam di sekitar tempat tinggal bocah tersebut sudah disemprot dengan disinfektan setelah beberapa ekor ayam terbukti terjangkit H5N1. Kendati begitu, sepuluh orang yang berkontak langsung dengan korban, saat diperiksa darahnya, tidak tertular virus mematikan tersebut.

Sejatinya, tercatat, H5N1 pertama kali melanda Vietnam pada 2003. Sampai dengan tahun ini, jumlah penderita ada 124 orang. Dari jumlah itu, 62 meninggal dunia. Lalu, Februari 2012 adalah waktu termutakhir saat satu lagi korban meninggal dunia, menurut pernyataan Kementerian Kesehatan Vietnam (MOH).

Terkait dengan virus flu burung H7N9, MOH sudah merilis rancangan empat langkah taktis andai virus itu melanda Vietnam. Otoritas Vietnam menempatkan tim pemantau pintu-pintu masuk seperti Bandara Internasional Tan Son Nhat dan Noi Bai.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com