Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Ekonomi ASEAN Kian Siap

Kompas.com - 10/04/2013, 14:56 WIB
Adhitya Ramadhan

Penulis

BANDAR SERI BEGAWAN, KOMPAS.com- Dewan Komunitas Ekonomi ASEAN mencatat implementasi cetak biru masyarakat ekonomi ASEAN telah tercapai 77,54 persen dengan lebih dari 200 tindakan. Sejak cetak biru ini diterapkan November 2007, pendapatan per kapita wilayah ini pun naik dari 2.285 dollar Amerika menjadi 3.759 dollar Amerika di tahun 2012.

Dalam pertemuan ASEAN Economic Community Council (AECC) ke-9 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam Rabu (10/4/2013), Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Hatta Rajasa, mengatakan, sebagai negara dengan pendapatan domestik bruto hampir Rp 1 triliun dollar Amerika Indonesia harus siap menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN.

Dalam masyarakat ekonomi ASEAN nantinya akan terjadi arus barang dan jasa serta tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang bebas di antara negara-negara ASEAN.

Wartawan Kompas Adhitya Ramadhan melaporkan dari Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, ASEAN diproyeksikan menjadi basis produksi ekonomi. Sebagai negara yang memiliki potensi pertanian, Indonesia harus mengambil manfaat ekonomi dari terintegrasinya ASEAN secara ekononomi.

Oleh karena itu, sejumlah hal harus dibenahi pemerintah untuk menunjang masyarakat ekonomi ASEAN. Di antaranya, pembenahan infrastruktur perhubungan untuk meningkatkan konektivitas dan hilirisasi industri agar menghasilkan produk berdaya saing tinggi.

Meski demikian, beberapa isu masih menjadi hambatan dalam terwujudnya masyarakat ekonomi ASEAN, yakni koordinasi, sinkronisasi dengan kepentingan nasional, dan kesiapan.

Untuk mengatasi hal itu, pemerintah telah menerbitkan Inpres Nomor 5 Tahun 2008 tentang Fokus Program Ekonomi dan INpres Nomor 11 Tahun 2011 tentang Pemenuhan Komitmen Cetak Biru Masyarakat Ekonomi ASEAN tahun 2015. Selain itu, saat ini sedang disusun Inpres tentang peningkatan daya saing Indonesia menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com