Kompas.com - 10/04/2013, 09:35 WIB
EditorEgidius Patnistik

ROMA, KOMPAS.com — Sekjen PBB Ban Ki-moon memperingatkan krisis yang terjadi di Semenanjung Korea bisa menjadi "tidak terkendali". Dia kembali mendesak Korea Utara untuk menurunkan "retorika provokatif"-nya dan tetap membuka kompleks industri Kaesong yang dikelola bersama antara Korut dan Korsel.

"Jika sebuah insiden kecil terjadi karena salah perhitungan dan penilaian, maka itu akan menciptakan situasi yang tidak terkendali," kata Ban saat berbicara kepada wartawan di Roma, Italia.

Ban juga mengatakan, Kaesong yang menjadi contoh sukses kerja sama antara Utara dan Selatan harus tetap dibuka. "Tempat ini seharusnya tidak boleh terpengaruh oleh berbagai keputusan politik. Ini merupakan tempat yang murni ekonomi."

Pada hari Selasa, karyawan asal Korea Utara tidak datang bekerja ke Kaesong dan membuat sejumlah proyek kerja sama antara Utara dan Selatan berhenti.

Peringatkan warga asing

Pada hari Selasa (9/4/2013) Korut juga kembali memperingatkan warga asing di Korsel untuk meninggalkan negara itu. Komite Perdamaian Asia Pasifik di Pyongnyang mengatakan, situasi di Semenanjung Korea sedang menuju perang nuklir. "Jika perang terjadi, kami tidak ingin warga asing yang tinggal di Korsel terluka," bunyi pernyataan mereka.

Mereka juga mendesak semua lembaga, perusahaan, dan turis asing melakukan langkah evakuasi.

Peringatan serupa pernah disampaikan pada hari Jumat pekan lalu. Saat itu Pyongyang mengatakan, mereka tidak lagi bisa menjamin keselamatan staf kedutaan asing di negara itu saat perang terjadi. Hari ini adalah batas tenggat waktu yang diberikan Korea Utara bagi perwakilan asing menarik staf dan warga negara mereka dari dua Korea.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.