Kompas.com - 10/04/2013, 04:00 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

TOKYO, KOMPAS.com — Dugaan kebocoran air dengan kandungan radioaktif kembali terdeteksi dari reaktor PLTN Fukushima yang dua tahun lalu dihajar tsunami itu. Air terkontaminasi radioaktif diduga bocor ke tanah dari salah satu kolam penampungan sistem pendingin reaktor.

"Kami memahami bahwa kami telah menyebabkan kekhawatiran yang luar biasa kepada masyarakat Fukushima dan masyarakat luas, dan kami mohon maaf untuk itu," kata juru bicara Tokyo Electric Power (Tepco), Masayuki Ono, kepada wartawan, Selasa (9/4/2013). Sebelumnya, reaktor ini sempat pula mengalami gangguan listrik pada bulan lalu.

Bila terkonfirmasi, kebocoran ini akan menjadi yang ketiga sejak akhir pekan lalu. Kolam penyimpanan bawah tanah PLTN Fukushima menyimpan air radioaktif yang sebelumnya digunakan dalam sistem pendingin reaktor. Dugaan kebocoran berasal dari kolam penampungan nomor satu, yang menampung air terkontaminasi radioaktif dari kolam penampungan nomor dua yang beberapa waktu lalu juga bocor.

Tepco mengatakan, ada kemungkinan kebocoran sudah sampai ke tanah, tetapi meyakini belum mencapai laut. "Kami sedang menyelidiki penyebab dan (melakukan) penanggulangan," kata perusahaan ini dalam sebuah pernyataan.

Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengatakan akan mengunjungi perusahaan ini untuk melakukan peninjauan. Rencananya tim ahli akan datang ke Daiichi, lokasi PLTN, pada 15-22 April 2013. Kunjungan ini merupakan permintaan dari Pemerintah Jepang.

Sebelumnya, pembangkit listrik Fukushima mengalami dua kali pemadaman listrik dan menutup beberapa sistem pendinginan untuk kolam bahan bakar bekas. Pada 11 Maret 2011, gempa bumi dan tsunami melumpuhkan pabrik. Tsunami ini melumpuhkan sistem pendingin reaktor, menyebabkan tiga reaktor PLTN Fukushima bocor.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.