Kompas.com - 09/04/2013, 09:13 WIB
EditorErvan Hardoko
RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Iran melarang seorang diplomat Arab Saudi meninggalkan negeri itu setelah diplomat itu mengendarai mobil sambil mabuk dan mengakibatkan kecelakaan lalu lintas yang fatal.

Kabar ini disampaikan Ketua Komisi Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan Nasional Parlemen Iran, Alaeddin Boroujerdi, Senin (8/4/2013), seperti dikutip kantor berita Fars.

Polisi Iran menemukan diplomat Saudi itu setelah mobil yang dikendarainya melaju dalam kecepatan 130 km/jam lalu menabrak sebuah mobil menewaskan warga Iran pengemudi mobil itu.

Saat polisi tiba di lokasi kecelakaan, yang terjadi pada Maret lalu, mereka menemukan minuman keras di dalam mobil diplomat Arab Saudi itu.

Akibat kejadian itu, Kementerian Luar Negeri Iran memprotes keras Kedubes Arab Saudi di Teheran. Namun, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi membantah salah seorang diplomatnya mengemudikan mobil dalam keadaan mabuk.

Dubes Arab Saudi untuk Iran, Osama Naqli mengatakan tabrakan yang melibatkan diplomatnya itu adalah sebuah kejadian buruk namun itu tak lebih dari kecelakaan lalu lintas biasa.

Seorang sumber di Kedubes Arab Saudi di Teheran kepada harian Al Youm mengatakan bahwa diplomat itu sudah menunjuk seorang kuasa hukum dan mengatakan bahwa larangan bepergian adalah hal "biasa" dalam masalah seperti ini sesuai dengan norma internasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bulan lalu, anggota parlemen Iran, Syed Hussain Naqavi Hussaini mengatakan diplomat Arab Saudi itu harus dijatuhui hukuman meski memiliki kekebalan diplomatik. Kekebalan diplomatik, kata Naqivi, tidak mencakup tindak kekerasan atau kecelakaan lalu lintas.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.