Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaesong Ditutup, Warga Korut Tak Bekerja

Kompas.com - 09/04/2013, 08:35 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com — Para pekerja Korea Utara, Selasa (9/4/2013), tidak datang bekerja di zona industri bersama di Kaesong, sehari setelah Pyongyang memutuskan untuk menarik pekerjanya dan membatalkan kerja samanya di kompleks industri yang didanai Seoul itu.

"Saat ini, tak ada seorang pun pekerja Korea Utara yang datang bekerja pagi ini," kata juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan.

Sebelumnya, pada Senin (8/4/2013), Pemerintah Korea Utara memutuskan untuk menutup sementara zona industri Kaesong, menyusul kunjungan petinggi senior Partai Komunis, Kim Yang Gon.

Sekitar 53.000 warga Korea Utara bekerja di 123 perusahaan Korea Selatan di Kaesong yang dibangun sejak 2004, yang berada di wilayah Korea Utara, hanya 6 kilometer dari perbatasan kedua Korea.

Setelah menarik tenaga kerja dan menutup sementara zona industri Kaesong, Pyongyang akan mempelajari apakah Pemerintah Korea Utara akan mempertahankan atau menutup keberadaan zona industri Kaesong.

Kaesong, selain berperan sebagai simbol kerja sama ekonomi kedua Korea, juga menjadi salah satu sumber pemasukan Korea Utara lewat berbagai pajak yang ditarik dan pemotongan gaji 53.000 warga Korea Utara yang bekerja di sana.

Pendapatan yang diperoleh dari Kaesong pada 2012 mencapai 469,5 juta dollar AS, dengan jumlah akumulasi sejak 2004 mencapai 1,98 miliar dollar AS.

Meski menghasilkan cukup uang untuk Korea Utara, pemerintah negeri itu tetap memutuskan untuk menutup Kaesong yang menyebabkan 13 dari 123 industri Korea Selatan yang ada di dalamnya berhenti beroperasi.

"Pemerintah Korea Selatan akan menanggapi penutupan Kaesong ini dengan tenang dan melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan warga dan properti kami di sana," ujar Kementerian Unifikasi Korea Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com