Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNESCO Beri Pengakuan "Noken"

Kompas.com - 09/04/2013, 02:49 WIB

MANOKWARI, KOMPAS - Gubernur Papua Barat Abraham Octovianus Taruri menerima piagam pengakuan Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) terhadap noken. Perlengkapan hidup warga asli Papua berupa tas ini diakui sebagai warisan budaya dunia tak benda.

Piagam diserahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh di Manokwari, Minggu (7/4) malam.

Hadir juga pada kesempatan itu Titus Pekei, warga asli Papua berpendidikan pascasarjana yang menggali nilai-nilai noken dalam riset-risetnya. Hasil riset kemudian dia sampaikan ke kantor UNESCO di Paris berikut argumen-argumennya sehingga UNESCO mengakui noken sebagai warisan budaya dunia tak benda.

”Noken dengan demikian bisa disejajarkan dengan produk budaya bangsa Indonesia lainnya, seperti batik, keris, dan tari saman Aceh, yang juga telah diakui sebagai warisan budaya tak benda atau intangible cultural heritage oleh UNESCO,” ungkap Titus.

Mohammad Nuh menegaskan, diakuinya noken oleh badan dunia tersebut menegaskan posisi budaya Papua sebagai bagian dari kesatuan Indonesia. Masyarakat Papua tak akan ragu-ragu lagi dalam pergaulan dunia sebagai warga bangsa Indonesia, sebab warisan budaya leluhur Papua diterima sebagai bagian dari kekaguman dunia terhadap Papua dan terhadap Indonesia.

Gubernur Abraham menegaskan, keterikatan noken dengan warga Papua sangat erat dan kuat. ”Di masa kecil, ke mana pun ibu kita pergi, seperti ke ladang atau ke pasar, selalu anaknya dibawa menggunakan noken,” katanya.

Titus menjelaskan, noken bukan sekadar tas, melainkan juga cermin budaya. Gadis Papua sudah dianggap dewasa jika sudah bisa merajut noken. (ODY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com