Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Margaret Thatcher Meninggal akibat Serangan Stroke

Kompas.com - 08/04/2013, 19:06 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher meninggal dunia pada Senin (8/4/2013). Menurut juru bicaranya kepada CNN, Thatcher meninggal dunia dalam usia 87 tahun akibat stroke.

Thatcher yang lahir pada 13 Oktober 1925 ini dikabarkan menderita stroke dan terkena serangan beberapa kali. Ia mulai jarang terlihat dan menjalani perawatan sejak serangan stroke pada tahun 2002. Ia hanya terlihat beberapa kali di hadapan publik dalam beberapa bulan terakhir ini.

Akibat kondisi kesehatannya yang terus menurun, Thatcher tidak bisa hadir saat perayaan ulang tahunnya ke-85 yang diadakan oleh PM David Cameron pada oktober 2010. Ia juga membatalkan kedatangannya saat peresmian patung koleganya mantan Presiden AS Ronald Reagan di London.

Pada Desember 2012, Thatcher masuk ke rumah sakit untuk menjalani operasi.

Hingga saat ini, Thatcher merupakan satu-satunya perdana menteri perempuan di Inggris. Ia juga menjadi orang yang paling lama menjadi perdana menteri yakni selama lebih dari 11 tahun sejak 4 Mei 1979 hingga 28 November 1990.

Selama menjadi Pm, ia dikenal dengan sebutana Wanita Besi karena ketegasannya dan tidak berkompromi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com