Kompas.com - 08/04/2013, 17:24 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Istanbul menjadi tuan rumah konferensi internasional tentang hutan. Dihelat sejak Senin (8/4/2013), konferensi yang dimotori oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu bakal berlangsung sampai dengan 19 April 2013. "Hadir 197 anggota dan negara-negara pengamat,"kata penyelenggara sebagaimana warta AP.

Agenda utam konferensi adalah pengukuran dan penerapan pengelolaan hutan berkesinambungan. Dalam kesempatan itu, Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan, Pejabat Sekretariat Jenderal PBB untuk Urusan Sosial dan Ekonomi Wu Hongbo dan 50 menteri kehutanan seluruh dunia ikut berpartisipasi.

Data PBB menunjukkan, kini 30 persen dari seluruh dunia adalah hutan. Hutan sebanyak itu mendukung kehidupan 1,6 miliar penduduk miskin dunia.

Namun begitu, sekarang, setiap tahun 13 juta hektare hutan raib lantaran perkembangan kehidupan manusia. Inggris mencatat angka terbesar tergerusnya hutan.

Sekarang, hutan makin memainkan peran penting mereduksi pemanasan global. Pasalnya, hutan pula yang menghisap emisi karbon dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.