Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Ancam Tarik Pekerjanya dari Kaesong

Kompas.com - 08/04/2013, 16:35 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Kedatangan Sekretaris Jenderal Komite Sentral Pekerja Korea Utara (Korut) Kim Yang Gon ke kawasan industri Kaesong berbuntut ancaman keras. Soalnya, Yang Gon tegas mengatakan kalau pihaknya bakal menarik 54.000 pekerja Korut dari kawasan itu.

KCNA menulis pada Senin (8/4/2013), kunjungan Yang Gon cuma berlangsung dua jam. Ia mengakhir kunjungan pada pukul 11.00 waktu setempat. "Kami akan menarik seluruh pekerja Korut dari Kaesong. Kami tengah mengevaluasi apakah kawasan industri Kaesong akan kami lanjutkan atau kami tutup,"katanya.

Kaesong diluncurkan pada akhir 2004. Lokasinya berada sekitar 10 kilometer dari perbatasan kedua negara. Kaesong berada di wilayah Korut. Saat kawasan seluas 65 kilometer persegi itu dibangun pada awal 2003 dan resmi beroperasi pada akhir 2004, ada 100.000 pekerja yang bisa mendapat nafkah dari proyek tersebut.

Dollar AS

Korut sejatinya menikmati keuntungan dari Kaesong. Soalnya, mayoritas pabrik-pabrik asal Korsel di kawasan itu memproduksi barang-barang ritel yang amat memerlukan banyak tenaga kerja. Bagi kedua Korut, Kaesong kian sohor sebagai penghasil peralatan dapur dan pakaian jadi.

Para pekerja Korut di Kaesong mendapat upah dalam mata uang dollar AS. Upah itu disetorkan kepada badan negara Korut. Lalu, lembaga itu mengembalikan sebagian upah itu kepada masing-masing pekerja.

Dari tahun ke tahun, Korut mendapat penerimaan meningkat dari upah pekerja tersebut. Paling tidak, sekarang sekitar 80 juta dollar AS masuk ke pundi-pundi keuangan Pyongyang dari pos ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com