Kompas.com - 08/04/2013, 13:23 WIB
EditorErvan Hardoko

RIYADH, KOMPAS.com - Sebagian warga negara Arab Saudi mendesak pemerintah agar mencantumkan penanggalan Masehi di dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka. Warga mengatakan dengan adanya penanggalan Masehi di dalam KTP akan memudahkan mereka saat berada di luar negeri.

Seruan ini muncul ketika sejumlah warga Arab Saudi diminta mengisi formulir di pertemuan Dewan Kerjasama Teluk (GCC) belum lama ini. Saat itu, mereka diminta memasukkan tanggak masehi untuk data tanggal lahir. Sayangnya, kartu identitas warga Saudi hanya mencantumkan penanggalan Hijriyah. Demikian dilaporkan harian Al Watan, Senin (8/4/2013).

"Saya merasa sangat malu saat mengisi formulir pembelian sim card telepon genggam di Dubai," kata Umm Mohammad, seorang perempuan asal Saudi.

"Saya diminta mengisi dokumen yang salah satu bagiannya harus diisi tanggal lahir saya. Saat itu saya tidak membawa paspor dan hanya KTP. Dan di dalam KTP tidak tercantum tanggal Masehi," katanya.

Namun, juru bicara Masalah-masalah Sipil Arab Saudi, Mohammad bin Jasser Al Jasser mengatakan pemerintah Arab Saudi tidak berencana menambahkan penanggalan Masehi ke dalam KTP warganya.

"KTP Saudi dirancang khusus dimana semua informasi penting bisa dilihat dengan jelas," kata Al Jasser.

"KTP itu digunakan untuk keperluan di dalam negeri Saudi, sehingga tidak membutuhkan penanggalan non Hijriyah," tambah dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga, papar Al Jasser, bagi siapa saja yang ingin mengetahui tanggal lahir mereka dalam penanggalan Masehi dapat melihat ke akta kelahiran, paspor, dan surat izin mengemudi.

"Di semua dokumen itu, semua tanggal dan bulan menggunakan penanggalan Masehi," papar Al Jasser.

Pada Juni 2012, pemerintah Saudi memerintahkan semua organisai pemerintah dan swasta di negeri itu harus menggunakan penanggalan Hijriyah untuk urusan dokumen dan bahasa Arab untuk komunikasi di lingkungan perusahaan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.