Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Siapkan Uji Coba Nuklir Keempat

Kompas.com - 08/04/2013, 11:28 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Intelijen Korea Selatan menduga Korea Utara tengah mempersiapkan uji coba nuklir keempatnya di tengah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea.

"Kami menemukan tanda-tanda seperti itu (uji coba nuklir)," kata Menteri Unifikasi Ryo Khl-jae saat menghadiri rapar dengar pendapat dengan parlemen Korea Selatan.

Sementara itu, harian JoongANg Ilbo melaporkan intelijen Korea Selatan mendeteksi kesibukan luar biasa yang dilakukan personel dan kendaran militer Korea Utara di lokasi uji coba nuklir Punggye Ri sejak pekan lalu.

"Kami masih mencoba memastikan apakah kesibukan itu merupakan persiapan percobaan nuklir atau sekadar gerakan untuk menekan kita dan Amerika Serikat," papar harian itu mengutip seorang pejabat Korea Selatan yang tak mau disebut namanya.

Laporan intelijen juga menyebut Pyongyang sudah menyiapkan dua misil jarak menengah di pesisir timur negeri itu. Kedua misil itu rencananya akan melakukan uji coba penembakan pada 15 April, yang adalah hari kelahiran bapak bangsa Korut, Ki Il Sung.

Peluncuran misil baru akan menjadi langkah yang sangat provokatif, terutama bagi China yang adalah satu-satunya sekutu Korea Utara dan AS yang membatalkan uji coba misilnya demi tidak menambah panas suasana Semenanjung Korea.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com