Kompas.com - 08/04/2013, 11:28 WIB
EditorErvan Hardoko

SEOUL, KOMPAS.com - Intelijen Korea Selatan menduga Korea Utara tengah mempersiapkan uji coba nuklir keempatnya di tengah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea.

"Kami menemukan tanda-tanda seperti itu (uji coba nuklir)," kata Menteri Unifikasi Ryo Khl-jae saat menghadiri rapar dengar pendapat dengan parlemen Korea Selatan.

Sementara itu, harian JoongANg Ilbo melaporkan intelijen Korea Selatan mendeteksi kesibukan luar biasa yang dilakukan personel dan kendaran militer Korea Utara di lokasi uji coba nuklir Punggye Ri sejak pekan lalu.

"Kami masih mencoba memastikan apakah kesibukan itu merupakan persiapan percobaan nuklir atau sekadar gerakan untuk menekan kita dan Amerika Serikat," papar harian itu mengutip seorang pejabat Korea Selatan yang tak mau disebut namanya.

Laporan intelijen juga menyebut Pyongyang sudah menyiapkan dua misil jarak menengah di pesisir timur negeri itu. Kedua misil itu rencananya akan melakukan uji coba penembakan pada 15 April, yang adalah hari kelahiran bapak bangsa Korut, Ki Il Sung.

Peluncuran misil baru akan menjadi langkah yang sangat provokatif, terutama bagi China yang adalah satu-satunya sekutu Korea Utara dan AS yang membatalkan uji coba misilnya demi tidak menambah panas suasana Semenanjung Korea.

 

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X