Kompas.com - 08/04/2013, 06:16 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

MADRID, KOMPAS.com — Mayoritas tipis warga Spanyol tidak puas dengan kinerja Raja Spanyol Juan Carlos. Hasil jajak pendapat yang disiarkan hari Minggu (7/4/2013) menyebutkan, warga Spanyol tidak suka dengan Raja Juan Carlos menyusul skandal perjalanan berburu gajah dan kasus korupsi yang melibatkan menantunya, suami dari putri bungsunya.

Hasil jajak pendapat yang disiarkan harian tengah kiri, El-Pais, sebagaimana dikutip kantor berita AFP hari Minggu menyebutkan, sebanyak 53 persen responden warga Spanyol tidak suka pada cara yang ditempuh Raja Spanyol berusia 75 tahun itu. Hanya 42 persen yang tetap mendukung raja dan segala sepak terjangnya. Jajak pendapat ini memberikan peringkat setuju dan tidak setuju -11 dibanding +21 pada Desember.

Itu merupakan peringkat terendah dibandingkan dengan pengacara atau pengawas pajak. Jajak pendapat yang dilakukan perusahaan jajak pendapat Metroscopia dan disiarkan surat kabar ini dilakukan bulan Maret lalu.

Hal ini dilakukan sebelum hakim menyebutkan Inaki Urdangarin, suami dari putri bungsu raja, Putri Cristina, sebagai tersangka kasus korupsi. Kasus ini dibuka pada akhir tahun 2011 dengan tuduhan korupsi pada Inaki, yang juga mantan pemain bola tangan Spanyol. Inaki dan mitra bisnisnya Diego Torres diduga terlibat dalam kasus korupsi dengan me-mark up anggaran pemerintah daerah dalam penyelengaraan pesta olahraga dan turisme.

Inaki juga melakukan penipuan sejumlah dana saat memimpin lembaga nonprofit Noos Institut tahun 2004 dan 2006. Raja Juan Carlos sebelumnya mendapat pujian karena membantu transisi politik di Spanyol menyusul kematian diktaktor Francisco Franco tahun 1975.

Namun, ketika dia mengalami cedera dalam sebuah tur berburu gajah yang mahal ke Botswana tahun lalu, warga Spanyol kecewa berat. Apalagi, acara ini dilakukan saat negara itu sedang diterpa krisis keuangan tahun lalu. Tingkat pengangguran mencapai 26 persen.

Kini, keluarga kerajaan yang dipuja masyarakat Spanyol adalah Pangeran Felipe. Mayoritas sekitar 61 persen warga Spanyol mendukung kinerja Pangeran Felipe dibanding 33 persen yang menolaknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.