Kompas.com - 08/04/2013, 06:08 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

WASHINGTON, KOMPAS.com — Penyanyi Amerika Serikat, Beyonce, dan suaminya penyanyi rap, Jay-Z, hari Kamis lalu tampil di televisi saat jalan-jalan di kota tua Havana, ibu kota Kuba. Namun, kalangan parlemen AS di Washington mempertanyakan apa izin yang diberikan kepada Beyonce dan suami pergi ke Kuba di tengah kebijakan embargo ekonomi yang diterapkan AS atas negara komunis itu.

Kantor berita AFP, hari Minggu (7/4/2013), melaporkan, dua anggota DPR dari Florida, Ileana Ros-Lehtian dan Mario Diaz-Ballart, hari Jumat mengirim surat kepada Adam Szubin, Direktur Kantor Pengawasan Aset Asing di Kementerian Keuangan, meminta penjelasan izin tipe apa yang diberikan kepada Beyonce dan Jay-Z untuk bisa pergi ke Kuba.

Menurut mereka, dalam kebijakan embargo ekonomi, tidak diperbolehkan bagi warga AS untuk berwisata ke Kuba. Kemarin, Beyonce dan suami berjalan-jalan di kota tua Havana. Kehadiran dua artis utama AS ini menarik perhatian ratusan warga Kuba.

Keduanya berada di Havana untuk merayakan peringatan lima tahun perkawinan mereka dengan mengunjunig tempat-tempat terkenal dan bersejarah, seperti kota tua Havana Tua, salah satu bangunan peninggalan dunia menurut UNESCO. Mereka terlihat mengambil foto dan berbicara dengan penduduk setempat.

Beyonce, yang menyanyikan lagu kebangsaan AS saat pelantikan Presiden Barrack Obama bulan Januari lalu, berada di Kuba tak ubahnya turis. Setelah mengunjungi sebuah katedral tua, pasangan populer ini kemudian bersantap di sebuah restoran terdekat.

Jika melakukan kesalahan, keduanya terancam hukuman penjara hingga 10 tahun dan denda 250.000 dollar AS bagi masing-masing mereka. Sejauh ini, ada ribuan warga AS berkunjung ke Kuba tanpa izin melalui negara ketiga. Mereka tak pernah dihukum saat kembali ke AS sekalipun melanggar ketentuan embargo ekonomi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.