Kompas.com - 07/04/2013, 18:10 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kekerasan terhadap jurnalis terus terulang, jumlahnya pun terus bertambah. Bahkan, profesi pelaku pun makin beragam.            

Demikian diungkapkan oleh Direktur Lembaga Bantuan Hukum Pers Jakarja Nawawi Bahrudin dalam Workshop Advokat Berspektif Pers, Sabtu dan Minggu (7/4/2013). Pada tahun 2010, di Indonesia terjadi 56 kasus kekerasan terhadap jurnalis. Profesi pelaku kekerasan terhadap jurnalis berjumlah 15 orang.            

Pada tahun 2012, terjadi 100 kasus kekerasan terhadap jurnalis dengan jenis profesi pelaku bertambah menjadi 20 jenis. "Ini menjadi bukti sangat nyata bahwa jurnalis selalu berhadap dengan risiko dalam pekerjaannya," ujar Nawawi.            

Untuk kasus-kasus kekerasan terhadap jurnalis yang sedang melakukan tugas jurnalistik, LBH Pers Jakarta berupaya maksimal melakukan pendampingan.

"Namun, kali juga memilah-milah kasus, kami lihat dulu apakah jurnalis sudah melakukan kaidah jurnalistik dan memegang etika profesinya. Kadangkala, ada pula jurnalis yang terkena tindak kekerasan karena tidak memegang etika jurnalistik atau memprovokasi nara sumbernya. Untuk hal seperti itu, imunitas jurnalis bisa gugur," ujar Nawawi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.