Kompas.com - 07/04/2013, 05:11 WIB
EditorErvan Hardoko

ALMATY, KOMPAS.com — Pembicaraan terkait program nuklir Iran yang berakhir pada Sabtu (6/4/2013) di Almaty, Kazakhstan, tidak menghasilkan kesepakatan apa pun.

Kondisi ini semakin memperpanjang perbedaan pendapat antara negara-negara besar dunia dan Iran yang dikhawatirkan bisa memicu krisis baru.

Meski menemui jalan buntu, belum disepakati jadwal pembicaraan baru. Padahal, pada awal tahun ini negara-negara besar bersikeras bahwa masalah nuklir Iran harus segera diselesaikan.

Ketua Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton mengatakan, diskusi panjang yang telah dilakukan kedua pihak ternyata tetap tidak mampu menjembatani perbedaan.

"Semakin jelas bahwa posisi kedua pihak tetap tak bisa dipertemukan," kata Ashton yang mewakili AS, Rusia, China, Perancis, Inggris, dan Jerman.

Dalam pembicaraan itu, keenam negara besar ini meminta Iran untuk membatalkan sebagian besar pengayaan uraniumnya dengan imbalan pengurangan sanksi internasional. Namun, Iran menolak tawaran itu.

"Iran mengindikasikan siap melakukan sejumlah langkah kecil," kata seorang diplomat Barat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Negara-negara besar dunia, khususnya Amerika Serikat, menuding Iran tengah mengembangkan persenjataan nuklir. Namun, Iran menyatakan bahwa proyek-proyek nuklir negara itu sepenuhnya dilakukan untuk keperluan damai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.