Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Rakitan Hantam Pasukan NATO, 5 Tewas

Kompas.com - 06/04/2013, 23:22 WIB

KABUL, KOMPAS.com - Sebuah bom rakitan meledak di wilayah selatan Afganistan, Sabtu (6/4/2013), menewaskan tiga prajurit NATO dan dua orang warga sipil. Demikian pernyataan pasukan ISAF pimpinan Amerika Serikat.

"Tiga pasukan ISAF dan dua warga sipil anggota koalisi tewas akibat ledakan bom rakitan di Afganistan selatan hari ini (Sabtu)," demikian pernyataan pasukan ISAF.

Pernyataan itu tidak menyebut kewrganegaraan ketiga prajurit dan warga sipil yang tewas, sesuai dengan kebijakan ISAF.

Seorang juru bicara ISAF di Kabul mengatakan bom itu diledakkan dengan tujuan mengincar patroli militer di wilayah selatan Afganistan yang paling sering diserang pemberontak.

Seorang pejabat keamanan Afganistan memastikan ledakan itu merupakan sebuah bom mobil yang menyerang sebuah patroli militer NATO di Qalat, ibu kota Provinsi Zabul.

"Sebuah mobil berisi bahan peledak menyerang konvoi NATO di kota Qalat. Kami mendengar ledakan keras yang menimbulkan korban jiwa itu," kata seorang pejabat pemerintah provinsi yang tak ingin diketahui identitasnya.

Serangan itu adalah salah satu serangan paling mematikan yang mengincar pasukan koalisi pimpinan AS tahun ini, bersamaan dengan persiapan ditariknya pasukan koalisi di tengah semakin beratnya baku tembak di Suriah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com