Kompas.com - 06/04/2013, 16:27 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Insiden tewasnya Deputi Gubernur Provinsi Yala Issara Thongthawat lantaran bom jalanan pada Jumat siang membuat Perdana Menteri (PM) Thailand Yingluck Shinawatra memerintahkan pasukan keamanan lebih menjaga keselamatan warga di situ.

Warta Thai News Agency pada Sabtu (6/4/2013) menyebutkan kalau sebuah bom jalanan meledak saat mobil Thongthawat melintas di jalan antara Yala-Betong di Bannang Star. Gara-gara kejadian itu, Thongthawat menderita luka parah. Ia meninggal dunia di rumah sakit.

Kawasan Yala memang masih diwarnai konflik membara. Sebelumnya, terjadi pembunuhan terhadap seorang prajurit marinir Thailand di situ.

Kelompok perlawanan mengangkat senjata terhadap pemerintah Thailand sejak Januari 2004. Tindakan itu sampai kini sudah membunuh sedikitnya 5.000 orang. Kawasan Selatan Thailand yang terdiri dari tiga provinsi yakni Yala, Pattani, Narathiwat, serta empat distrik Songkhla, dihuni oleh kebanyakan warga Thailand etnis Melayu. Mereka beragama Islam.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.