Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daging Sapi Masih Mahal, Ini Tanggapan Hatta

Kompas.com - 05/04/2013, 14:08 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, harga daging sapi yang masih mahal di pasar disebabkan pasokan yang kurang. Hatta ingin agar pasokan ditambah.

"Kalau pasokan tidak cukup, minta tambah pasokannya," kata Hatta selepas membuka acara Agrinex di Jakarta Convention Center Jakarta, Jumat (5/4/2013).

Namun, Hatta tidak ingin langsung melakukan impor daging sapi untuk mengantisipasi kekurangan pasokan daging sapi di pasar. Rencana impor hanya bisa dilakukan bila pasokan di dalam negeri benar-benar kurang dan pasar tidak bisa mencukupi pasokan tersebut. "Saya minta kerahkan dulu di dalam negeri. Untuk impor, kita lihat dulu, apakah cukup tidak pasokan di dalam negeri," tambahnya.

Hatta menambahkan, harga daging sapi dalam beberapa pekan ini memang belum mengalami penurunan walau pemerintah mengklaim sudah meningkatkan jumlah pasokan daging sapi di pasar. Atas hal ini, Hatta meminta untuk segera mengevaluasi seluruh kebutuhan permintaan dan penawaran daging sapi yang ada sehingga hal tersebut akan menjadi acuan bagi pemerintah untuk mau melakukan importasi daging sapi atau tidak.

"Sementara bila harus impor, kita sedang menjajaki pola tender yang kita harapkan bisa lebih transparan, lebih terbuka agar harganya kompetitif," tambahnya.

Seperti diberitakan, harga daging sapi di pasar masih di atas Rp 80.000 per kg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com