Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Gereja ke Rumah Mewah Seharga Rp 700 Miliar...

Kompas.com - 04/04/2013, 13:30 WIB

KOMPAS.com — Bangunan bekas Gereja Knightsbridge, London, kini telah menjadi rumah mewah senilai 50 juta poundsterling atau setara Rp 700 miliar. Saat ini, rumah tersebut menjadi paling mahal di London.

Seperti dilansir www.dailymail.co.uk, rumah seluas 11.500 kaki persegi atau 3.505,2 meter persegi ini dijual 15 tahun yang lalu oleh Diocese Of London. Mereka membutuhkan dana untuk perbaikan yang mendesak sebesar 1 juta poundsterling (Rp14 milliar). Gereja ini lalu diubah menjadi rumah empat lantai, lengkap dengan kolam renang, ruang bawah tanah, arena kebugaran, serta sauna.

Rigby & Rigby, pengembang properti setempat, mengatakan bahwa properti tersebut kini menjadi salah satu rumah pribadi terbaik di Knightsbridge. Mahalnya harga juga diimbangi dengan peningkatan harga tanah yang cukup signifikan di kawasan itu.

Rumah "gereja" Knightsbridge tersebut berada di atas tanah seharga 300 poundsterling atau setara Rp 4,2 juta pada 1837 silam. Saat ini, harga tanahnya mengalami peningkatan harga hingga 167 kali lipat.

Rumah mewah ini sempat dimiliki Alain Boublil, penulis Les Miserables dan Miss Saigon. Namun, pada 2009, dia menjualnya seharga 13,5 juta poundsterling atau setara Rp 189 miliar kepada seorang pengusaha asal Thailand. Setelah itu, rumah ini dibangun lagi dengan biaya 10 juta poundsterling hingga kondisinya seperti saat ini. 

Sebetulnya, rumah ini tidak benar-benar dijual karena hanya dihuni orang-orang kaya yang mampu membelinya. Rumah ini dilengkapi dengan 7 kamar tidur, 4 kamar utama, 3 kamar tamu, dengan langit-langit ruangannya sebesar 42 kaki atau setara 12,8 meter. Sampai saat ini, sebagian bangunan gereja di rumah ini masih tetap dipertahankan untuk digunakan beribadah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com