Israel Kembali Serang Jalur Gaza

Kompas.com - 04/04/2013, 03:09 WIB
Editor

Kairo, Kompas - Tepi Barat dan Jalur Gaza, Rabu (3/4), bergejolak menyusul tewasnya tahanan Palestina, Maysara Abu Hamdiyeh (64), di penjara Israel, Selasa lalu. Palestina menuduh Israel sengaja menelantarkan kesehatan Maysara yang mengidap penyakit kanker sehingga meninggal dunia.

Di Tepi Barat, warga Palestina melancarkan mogok umum. Para tahanan Palestina di penjara Israel mengembalikan paket sarapan pagi sebagai protes atas tewasnya Maysara.

Di kota Hebron, tempat kelahiran Maysara, meletus bentrokan antara pemuda Palestina dan aparat keamanan Israel. Akibatnya, ada 40 korban luka-luka dari pemuda Palestina.

Menurut laporan wartawan Kompas, Musthafa Abd Rahman, dari Kairo, Mesir, gencatan senjata Hamas-Israel di Jalur Gaza, yang dicapai November tahun lalu, terkoyak setelah pesawat tempur Israel pada Selasa malam tiga kali menggempur tanah pertanian di Beit Lahiya, Jalur Gaza utara.

Pemerintah Hamas menginstruksikan untuk mengosongkan semua kantor polisi dan keamanan di seantero Jalur Gaza, Rabu, karena dikhawatirkan menjadi sasaran gempuran lanjutan Israel. Sejauh ini belum ada laporan jatuhnya korban tewas atau luka-luka.

Gempuran Israel, merupakan yang pertama kali sejak tercapainya gencatan senjata pada November tahun lalu, sebagai balasan atas reaksi keras Palestina terhadap wafatnya Maysara. Gempuran itu terjadi hanya sehari setelah Khaled Meshaal terpilih kembali sebagai kepala biro politik Hamas.

Gempuran Israel itu juga dilakukan justru saat pimpinan Hamas tengah melakukan pembicaraan dengan kepala intelijen Mesir, Raafat Sahata, di Kairo untuk membahas tentang pengokohan pelaksanaan gencatan senjata Israel-Hamas.

Pimpinan Hamas meminta Mesir menagih janji kepada Israel tentang komitmennya melaksanakan syarat-syarat gencatan senjata itu. Di antara syarat-syarat tersebut adalah kesediaan Israel meringankan blokade atas Jalur Gaza. Hamas saat ini mengeluhkan ketidakkonsistenan Israel atas janji meringankan blokade atas Jalur Gaza.

Pemerintah Israel sementara ini mengaitkan secara langsung gempuran atas Jalur Gaza dengan serangan roket Palestina ke wilayah Israel.

Tanggung jawab Hamas

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.