Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Kirim Logistik Kemanusiaan ke Lebanon

Kompas.com - 03/04/2013, 17:03 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Rusia sejak Rabu (3/4/2013), mengirimkan logistik kemanusiaan ke Lebanon. Sasaran bantuan itu adalah para pengungsi Suriah di negara tersebut.

Pihak Moskwa mengatakan, dalam warta AP, mengirimkan 37 ton bantuan tersebut menggunakan pesawat pengangkut Il-76. Pesawat itu bertolak dari pangkalan angkatan udara Ramenskoye di dekat Moskwa sekitar pukul 10.00 pagi waktu setempat.

Rusia memerinci kirimannya seperti pembangkit daya listrik portabel, 1.500 selimut, 500 set makanan siap saji, makanan bayi, dan sebagainya. "Pesawat pengangkut akan kembali ke Rusia dengan membawa warga negara Rusia maupun Persemakmuran RUsia yang ingin meninggalkan Suriah,"kata pernyataan pihak Kementerian Gawat Darurat Rusia.

Rusuh politik di Suriah, kata Komisi Tinggi PBB untuk Urusan Pengungsi (UNHCR) memaksa sekitar 396.000 warga Suriah mengungsi ke Lebanon. Keributan politik itu dimulai sejak Maret 2011 dan sampai kini belum menunjukkan tanda-tanda tuntas.

Nah, problem kemanusiaan, kata Komisioner UNHCR Antonio Guterres bisa muncul di Lebanon. Derasnya arus pengungsi Suriah bakal bersentuhan dengan penduduk lokal Lebanon. "Kini, jumlah pengungsi Suriah lebih banyak 10 persen ketimbang penduduk Lebanon,"katanya mengingatkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com