Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berat Badan Tentukan Harga Tiket Samoa Air

Kompas.com - 03/04/2013, 06:44 WIB

APIA, KOMPAS.com — Maskapai penerbangan Samoa Air, sebuah negeri kepulauan kecil di Pasifik Selatan, menerapkan cara unik untuk menghitung tarif perjalanan. Maskapai ini menghitung tarif tergantung berat badan penumpangnya. Artinya, semakin gemuk seseorang, maka dia akan membayar tiket semakin mahal.

Samoa Air yang biasa melayani penerbangan di antara dua pulau utama negeri itu, Upolu dan Savaii, menerapkan 0,5 poundsterling atau sekitar Rp 7.500 per kilogram untuk penerbangan dari Samoa menuju Samoa Amerika.

Tentu saja aturan unik ini menuai pro dan kontra. Sebagian orang menilai cara ini sangat diskriminatif untuk para penumpang bertubuh subur.

Namun, Samoa Air mempertahankan kebijakan uniknya itu. Manajemen maskapai ini bahkan mengatakan, kebijakan ongkos sesuai berat badan ini menumbuhkan pemahaman akan bahaya obesitas dan kesehatan pada umumnya.

"Ini adalah cara paling adil untuk bepergian. Tak ada biaya tambahan untuk kelebihan bawaan atau sejenisnya. Pokoknya satu kilo adalah satu kilo," kata Chris Langton, Direktur Eksekutif Samoa Air, kepada Radio ABC.

"Saat Anda memasuki Pasifik, standar berat badan pada umumnya lebih berat (dari Asia Tenggara). Namun, itu bisa bervariasi," tambah Langton.

"Manusia pada umumnya mulai menyadari masalah berat badan. Kebijakan ini menumbuhkan pemahaman soal obesitas," klaim Langton.

Langton mengakui banyak penumpang yang terkejut dengan kebijakan perusahaan ini, yang mulai diperkenalkan sejak Januari lalu. Untuk penumpang keluarga, mereka bahkan membayar sangat murah untuk anak-anak mereka karena ongkos penerbangan didasarkan berat badan.

"Perjalanan Anda menyenangkan karena Anda membayar untuk berat badan Anda, tak lebih dari itu," demikian promosi di situs Samoa Air.

"Bersama Samoa Air, Anda menentukan seberapa besar ongkos yang dibayarkan untuk perjalanan," masih dari situs maskapai itu.

Dengan skema ini, seorang penumpang dengan berat badan 63,5 kilogram yang terbang dari Asau di Pulau Savaii menuju Faleolo di Pulau Upolu hanya membayar ongkos sebesar 24,13 poundsterling atau sekitar Rp 354.000 untuk perjalanan sejauh 75 kilometer.

Adapun penerbangan lebih jauh dari Asau menuju Samoa Amerika dengan penumpang berberat badan 63,5 kg ditambah sejumlah barang hanya dihargai 69,85 poundsterling atau sekitar Rp 1 juta.

Negeri-negeri di Pasifik Selatan menduduki peringkat tertinggi kasus obesitas di dunia. Berdasarkan penelitian WHO pada 2008, 55,5 persen penduduk Samoa berusia 20 tahun ke atas masuk ke dalam kategori obesitas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com