Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Teguhkan Janji Lindungi Korea Selatan

Kompas.com - 03/04/2013, 05:37 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Amerika Serikat mengulangi tekadnya untuk mempertahankan diri dan Korea Selatan, setelah Korea Utara terus mengeluarkan ancaman perang yang semakin memanaskan situasi di Semenanjung Korea.

Pernyataan ini disampaikan Menteri Luar Negeri AS John Kerry, Selasa (2/4/2013), seusai menerima rekannya, Menlu Korea Selatan Yun Byung-se di Washington DC, AS.

"Saya tekankan sekali lagi hari ini, Amerika Serikat akan mempertahankan dan melindungi diri serta sekutunya, Korea Selatan," kata Kerry sambil menyatakan janji yang sama untuk Jepang.

Pernyataan Kerry ini dikeluarkan setelah Korea Utara berencana kembali mengoperasikan reaktor nuklir Yongbyon yang sudah ditutup sejak 2007 lalu. Reaktor ini adalah salah satu sumber pengayaan uranium.

Sementara itu, dalam kunjungan perdananya ke Washington DC, Menlu Korea Selatan Yun Byung-se menegaskan kembali komitmen Korea Selatan untuk terus bekerja sama dengan Amerika Serikat.

Adapun Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon memperingatkan krisis Semenanjung Korea sangat mungkin tak terkendali. Dia menekankan bahwa ancaman serangan nuklir bukanlah sebuah permainan.

"Krisis kali ini sudah terlalu jauh. Semua pihak harus berusaha menenangkan diri," kata Ban yang juga mantan Menlu Korea Selatan itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com