Kompas.com - 03/04/2013, 04:01 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Amerika Serikat, Selasa (2/4/2013), memasang sebuah radar canggih di lepas pantai Jepang, yang mampu melacak misil-misil Korea Utara. Selain itu, AS juga mengirim kapal perusak kedua ke perairan Korea Selatan.

Radar jenis Sea Based X-Band Radar (SBX) dirancang untuk melacak misil balistik dan mengirim data ke sebuah komando terpisah yang kemudian mengirimkan misil pencegat.

Juru bicara Pentagon, George Little, menekankan dikerahkannya sistem radar SBX sudah direncanakan dan tidak terkait memanasnya situasi di Semenanjung Korea.

"Pemasangan SBX adalah percobaan yang sudah dijadwalkan. Keputusan untuk pengerahan lebih lanjut radar ini belum diputuskan," kata Little.

"Sangat salah jika mengaitkan penempatan radar SBX dengan situasi di Semenanjung Korea saat ini," tambah Little.

Sebelumnya, Amerika Serikat memastikan sudah mengirim kapal perusak anti-misil USS John McCain ke perairan Korea. Ini adalah kapal perusak kedua yang dikirim ke perairan Korea setelah sebelumnya AS juga mengirim USS Fitzgerald.

Dalam beberapa hari belakangan ini, sejumlah peralatan tempur AS yang paling canggih sudah dikirim ke Korea Selatan. Selain dua kapal perusak, sejumlah pesawat tempur siluman F-22 Raptor juga dikirim ke Korea Selatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.