Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meshaal Kembali Pimpin Hamas

Kompas.com - 03/04/2013, 03:19 WIB

Kairo, Kompas - Sidang Majelis Syura Gerakan Perlawanan Islam Hamas—salah satu faksi kekuatan utama di Palestina—Senin (1/4) malam, di Kairo, Mesir, kembali memilih Khaled Meshaal sebagai kepala biro politik untuk periode kelima. Kepala biro politik merupakan jabatan eksekutif tertinggi dalam struktur organisasi Hamas.

Struktur pimpinan Hamas juga dipastikan tak akan berubah. Musa Abu Marzuk tetap menduduki posisi Deputi Kepala Biro Politik Hamas. Selain dia, Ismail Haniya juga diproyeksikan menjabat Deputi Kepala Biro Politik Hamas. Haniya saat ini menjabat perdana menteri pemerintahan Hamas yang menguasai wilayah Jalur Gaza.

Demikian dilaporkan wartawan Kompas, Musthafa Abd Rahman, dari Kairo.

Meshaal (57) bulan Februari lalu sempat menyatakan tak berminat kembali memimpin Hamas. Namun, desakan dari para kader Hamas di Tepi Barat dan di luar wilayah Palestina mendorong dia mempertimbangkan kembali keputusannya. Meshaal berasal dari Tepi Barat.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dan Emir Qatar Sheikh Hamd bin Khalifah al-Thani belakangan ikut membujuk Meshaal agar bersedia memimpin kembali Hamas.

Sebenarnya, para kader Hamas di Jalur Gaza lebih menginginkan Ismail Haniyah atau Musa Abu Marzuk sebagai pemimpin tertinggi Hamas. Haniya dan Abu Marzuk diketahui berasal dari Jalur Gaza.

Namun, poros Tepi Barat dan sebagian besar kader Hamas di luar wilayah Palestina ternyata lebih dominan dibandingkan poros Jalur Gaza sehingga mengantarkan Meshaal kembali memimpin Hamas.

Tuntutan situasi

Kepala perwakilan Hamas di Lebanon, Usama Hamdan, mengatakan, tuntutan situasi saat ini, baik dalam konteks hubungan Israel-Palestina maupun Musim Semi Arab, mengharuskan Meshaal tetap memimpin Hamas.

Hamdan menyebut, Meshaal punya nama besar dan sangat berpengalaman serta memiliki jaringan regional dan internasional yang luas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com