Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF Bicarakan Kembali Pinjaman untuk Mesir

Kompas.com - 02/04/2013, 17:15 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional (IMF) pada Selasa (2/4/2013) optimistis membicarakan kembali pinjaman untuk Mesir. Lantaran pertimbangan itulah, sebagaimana warta AP, pihak IMF memberangkatkan delegasi ke Kairo untuk pembicaraan itu.

Sebelumnya, pembicaraan soal rencana pinjaman sebesar 4,8 miliar dollar AS dari IMF untuk Mesir sempat terhenti. "Pembicaraan terhenti sejak pertengahan 2011 dan tidak ada tindak lanjutnya,"kata Direktur IMF untuk Timur Tengah dan Asia Tengah Masood Ahmed.

Menurut Ahmed, dirinyalah yang bakal bertolak ke Mesir pada Rabu besok. Ahmed berkantor di Dubai, Uni Emirat Arab.

Seturut catatan terkumpul, Mesir menghadapi krisis keuangan sejak Presiden Hosni Mubarak lengser dari jabatannya pada Februari 2011. Presiden Mesir kini, Mohamed Morsi pun tengah berhadapan dengan krisis keuangan akibat susutnya pemasukan dari industri pariwisata akibat ketidakstabilan politik di Negeri Piramida itu.

Defisit anggaran belanja Mesir turun 42 persen di posisi 30 miliar dollar AS. Sementara, sejak Januari 2011 sampai dengan Desember 2012, cadangan devisa Mesir tergerus ke posisi 15 miliar dollar AS dari posisi semula 36 miliar dollar AS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com