Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencak Silat Diperkenalkan di Aljazair

Kompas.com - 02/04/2013, 13:36 WIB
Mustafa Abd. Rahman

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com — Dalam rangka memperingati 50 tahun hubungan diplomatik RI-Aljazair, KBRI Alger memperkenalkan seni budaya bela diri asli Indonesia yang bernama pencak silat ke publik Aljazair.

Berbagai atraksi seni bela diri dipertunjukkan oleh sang maestro Mr Octav Setiadji, pelatih silat di perguruan Sigepi, Berlin, Jerman. Antusiasme publik pun meledak setelah sesi praktik digelar. Banyak peserta yang ingin praktik dan mencobanya.

Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan atraksi sepeda balap dari tim sepeda balap Aljazair dan pencak silat dari warga Aljazair sendiri. Acara ini ditutup dengan pertunjukan seni gamelan dan rampak kendang yang dimainkan oleh staf KBRI Alger.

Dijadwalkan, akan digelar pula acara lain seperti seminar, pertunjukan seni budaya, dan acara lomba-lomba untuk rakyat kedua bangsa. "Peringatan 50 tahun hubungan diplomatik ini kami harap bisa menjadi momen penting untuk mengenalkan budaya seni bela diri pencak silat sekaligus meningkatkan hubungan kedua bangsa semakin erat dan produktif," kata Dubes Niam Salim dalam sambutannya di lokasi acara, Selle Omnisport De Bentifor, Alger, Aljazair, Sabtu (30/3/2013).

Dubes Niam Salim juga mengumumkan bahwa KBRI Alger akan membuka kelas khusus untuk latihan seni bela diri pencak silat. Para peserta pun menyambut baik dan akan mendaftarkan diri setelah latihan itu resmi dibuka.

Direktur di kementerian olahraga Aljazair yang mewakili menteri dalam sambutannya menyambut baik acara pegelaran pencak silat ini. Dia pun menegaskan kesiapan institusinya untuk memfasilitasi latihan rutin pencak silat di stadion yang ditunjuk nantinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com