Kompas.com - 02/04/2013, 08:13 WIB
EditorEgidius Patnistik

KATMANDU, KOMPAS.com  Usia tua bukan hambatan untuk menaklukkan tantangan. Seorang pendaki gunung berusia 80 tahun asal Jepang dan telah menjalani empat kali operasi jantung akan mendaki puncak tertinggi Gunung Everest.

Dia akan menjadi orang tertua yang menaklukkan gunung itu jika berhasil. Pendakian itu juga bukan yang pertama kali bagi Yuichiro Miura, nama pendaki tersebut. Miura mendaki puncak berketinggian 8.850 meter itu pada 2003 dan 2008. Dia berhasil mencapai ketinggian 8.000 meter pada tahun 1970. Miura dan sembilan orang dalam timnya akan mendaki melalui jalur standar di sisi selatan yang merupakan jalur Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay ketika mereka menjadi orang-orang pertama yang mencapai puncak, Mei 1953.

"Rekor itu tidak penting bagi saya," ujar Miura, yang rambutnya sudah memutih semua, di Kathmandu, Nepal. "Yang penting adalah upaya mencapai puncak." Rekor orang tertua yang mencapai puncak dipegang Min Bahadur Sherchan, orang Nepal yang mencapai puncak pada usia 76 tahun pada 2008.

Seorang dokter spesialis jantung ikut serta dalam tim tersebut untuk mengawasi kesehatan Miura. Pendakian akan dilakukan Mei mendatang.

Selain mendaki gunung, Miura juga memiliki mimpi lain yang tidak kalah seru. Dia ingin bermain ski di Cho Oyu, gunung tertinggi keenam di dunia dengan ketinggian 8.201 meter, yang juga terdapat di Himalaya. "Mungkin, jika saya berusia 85 tahun dan saya masih hidup, saya ingin mendaki dan turun dengan ski di Cho Oyu. Itu adalah mimpi saya selanjutnya. Selamat berjuang, Kek...!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.