Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kirim Kapal Perusak ke Perairan Korea

Kompas.com - 02/04/2013, 04:15 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Sebuah kapal perusak milik Angkatan Laut Amerika Serikat, Senin (1/4/2013), sudah ditempatkan di posisi dekat perbatasan Korea Utara. Demikian seorang pejabat militer AS menyatakan.

Kapal itu, USS Fitzgerald, yang berada di Korea Selatan sebagai bagian dari latihan militer gabungan, telah dikirim ke pesisir barat daya Semenanjung Korea. Dari posisinya saat ini, USS Fitzgerald mampu menangkis serangan udara Korea Utara yang ditujukan ke Korea Selatan.

Seorang pejabat militer AS yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan posisi USS Fitzgerald saat ini merupakan sebuah "langkah antisipasi" untuk memberikan pertahanan misil lebih baik pada saat dibutuhkan.

Sebelumnya, AS juga telah melakukan manuver-manuver militer yang cukup berani yaitu menerbangkan pesawat bomber Stratofortress dan baru saja mengirim beberapa pesawat tempur siluman F-22 ke Korea Selatan.

Manuver militer AS ini dilakukan karena Korea Utara terus mengancam akan mengerahkan militernya untuk menyerbu Korea Selatan. Ancaman terus ditebar Korea Utara sejak negeri itu terkena sanksi PBB terkait uji coba misil jarak jauh dan uji coba nuklirnya.

Meski terus mengancam akan menyerang, Gedung Putih mengatakan, tidak terlihat mobilisasi pasukan besar-besaran di Korea Utara, yang menunjukkan kesiapan tempur negeri itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com