Kompas.com - 02/04/2013, 04:15 WIB
EditorErvan Hardoko

SEOUL, KOMPAS.com — Sebuah kapal perusak milik Angkatan Laut Amerika Serikat, Senin (1/4/2013), sudah ditempatkan di posisi dekat perbatasan Korea Utara. Demikian seorang pejabat militer AS menyatakan.

Kapal itu, USS Fitzgerald, yang berada di Korea Selatan sebagai bagian dari latihan militer gabungan, telah dikirim ke pesisir barat daya Semenanjung Korea. Dari posisinya saat ini, USS Fitzgerald mampu menangkis serangan udara Korea Utara yang ditujukan ke Korea Selatan.

Seorang pejabat militer AS yang tak ingin disebutkan namanya mengatakan posisi USS Fitzgerald saat ini merupakan sebuah "langkah antisipasi" untuk memberikan pertahanan misil lebih baik pada saat dibutuhkan.

Sebelumnya, AS juga telah melakukan manuver-manuver militer yang cukup berani yaitu menerbangkan pesawat bomber Stratofortress dan baru saja mengirim beberapa pesawat tempur siluman F-22 ke Korea Selatan.

Manuver militer AS ini dilakukan karena Korea Utara terus mengancam akan mengerahkan militernya untuk menyerbu Korea Selatan. Ancaman terus ditebar Korea Utara sejak negeri itu terkena sanksi PBB terkait uji coba misil jarak jauh dan uji coba nuklirnya.

Meski terus mengancam akan menyerang, Gedung Putih mengatakan, tidak terlihat mobilisasi pasukan besar-besaran di Korea Utara, yang menunjukkan kesiapan tempur negeri itu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.