Kompas.com - 01/04/2013, 22:35 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

RIYADH, KOMPAS.com — Harian Arab Saudi, The Al Yawm, Senin (4/1/2013), melaporkan, polisi syariah Arab Saudi kini memperbolehkan perempuan mengemudikan sepeda motor atau sepeda.

Namun, hal itu hanya diperbolehkan di kawasan terbatas, di kawasan rekreasi. Harian Al Yawm, sebagaimana dikutip kantor berita AP, melaporkan, seorang pejabat dari badan kepolisian syariah yang tak bersedia menyebutkan namanya mengatakan perempuan boleh mengemudikan sepeda atau sepeda motor di taman atau di kawasan terbatas.

Namun, mereka harus ditemani seorang pria dari keluarga dekatnya. Mereka juga harus tetap mengenakan pakaian yang islami yang menutupi seluruh tubuhnya.

Perempuan di Arab Saudi dilarang mengemudi mobil, juga dilarang mengemudi sepeda motor atau sepeda di tempat umum. Harian ini tidak menyebutkan mengapa sampai larangan ini diperlonggar.

Pejabat Arab Saudi sebelumnya mengatakan, perempuan tidak bisa menggunakan sepeda motor atau sepeda sebagai alat transportasi, tetapi "hanya untuk hiburan". Namun, mereka dilarang mendekati tempat pemuda berkumpul guna menghindari aksi pelecehan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.