Kompas.com - 01/04/2013, 08:04 WIB
EditorEgidius Patnistik

JAKARTA, KOMPAS.com - Semoga kasih bergema dan hati-hati yang sedang berduka dan sakit terhibur. Kebencian berubah menjadi cinta dan dendam menjadi sikap memaafkan. Perdamaian kiranya terwujud di banyak tempat di dunia yang masih dilanda konflik. Demikian pesan Paskah Paus Fransiskus yang disampaikan pada Minggu (31/3) di Vatikan.

Fransiskus membacakan pidato rutin Paskah Urbi et Orbi (untuk Kota dan Dunia) dari balkon Basilika di hadapan tak kurang dari 250.000 orang. Setelah itu, ia turun dan dengan menaiki mobil menyapa hadirin di halaman Basilika. Ada pula sumbangan bunga dari Belanda yang turut menyemarakkan suasana di Lapangan Basilika Santo Petrus.

Fransiskus melepas kebiasaan Paus sebelumnya yang umumnya menyampaikan pidato tertulis. Fransiskus menyampaikan pesan spontan.

Dia menyerukan perdamaian agar diwujudkan antara Palestina dan Israel. Dia juga menyerukan perdamaian di Suriah dengan menyatakan, ”Sampai seberapa jauh lagi penderitaan berlangsung hingga damai bisa terwujud?” Fransiskus juga menyinggung agar perdamaian terjadi di Semenanjung Korea serta di Nigeria yang sering dilanda perseteruan sektarian.

Ini lanjutan dari sikap Fransiskus yang membuat umat terenyuh. Pada Kamis Putih, ia sengaja menghadiri misa di sebuah penjara anak-anak dengan membasuh kaki 12 narapidana, termasuk dua narapidana perempuan dan dua narapidana Muslim. Pembasuhan kaki menjadi lambang pelayanan dan penghiburan. Pada Jumat Agung, Fransiskus menyampaikan salam perdamaian dengan umat Muslim.

Ribuan telur

Di Kota Jambi, sekitar 1.200 anak mendapatkan hadiah telur Paskah dalam misa perayaan Paskah di Gereja Santa Theresia, Jambi, Minggu. Rangkaian Tri Hari Suci di Jambi berjalan lancar.

Dalam perayaan yang dipimpin oleh Pastor Haryoto SCJ, anak-anak menyajikan kreasi tari dan lagu. Di akhir misa, mereka mendapatkan telur sebagai simbol Paskah, yang dimaknai sebagai kehidupan atau kebangkitan.

Di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Pastor Yacobus Sorongan SVD dalam misa Paskah di Gereja Santo Fransiskus Xaverius Naimata mengingatkan, kemiskinan, keterbelakangan, dan kebodohan yang terus mendera warga NTT hendaknya diatasi dalam semangat baru kebangkitan Yesus. Kemiskinan adalah bagian dari maut yang selalu memangsa manusia sehingga manusia dibuat tidak berdaya membangun hidup dan dunia sekitarnya.

Kemeriahan perayaan Paskah juga terlihat di Balikpapan, Kalimantan Timur; Malang, Jawa Timur; dan Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Di Palangkaraya, perayaan Paskah ditandai dengan ziarah ke pemakaman leluhur.

Di Jakarta, ribuan warga asing turut merayakan Paskah, antara lain di Gereja Theresia, Jakarta.(REUTERS/AP/AFP/MON/ita KOR/PRA/BAY/ODY/tra)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.