Kompas.com - 28/03/2013, 09:40 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank-bank di Siprus akan dibuka pada Kamis (28/3/2013) ini untuk enam jam operasi dengan pembatasan. Yakni transfer ke rekening di luar Siprus atau pembatasan devisa termasuk penarikan dalam satu hari maksimum sebesar 300 euro.

Seperti dikutip ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, pembatasan ini berlaku selama empat hari ini mendatang. Sebelumnya untuk mencegah kepanikan penarikan dana nasabah, bank di Siprus ditutup selama hampir dua minggu.

Pembukaan bank dengan aturan ini akan relatif aman mencegah kemungkinan kerusuhan di Siprus yang bisa terjadi dalam antrean untuk mengambil uang ketika bank dibuka hari ini mulai dari jam 12 siang hingga jam 6 sore waktu Siprus. Kerusuhan ini bisa membuat sentimen negatif di pasar.

Menurut Lana, kebijakan pembatasan devisa ini pertama kalinya dilakukan di Uni Eropa (UE) untuk mengatasi krisis perbankan. Namun hal itu dikhawatirkan akan dilakukan pada negara-negara lain yang berpotensi krisis seperti Italia dan Spanyol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X