Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Daging Sapi Naik, Beginilah Pedagang Bakso "Bertahan Hidup"

Kompas.com - 27/03/2013, 20:25 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Mahalnya harga daging sapi membuat pedagang bakso harus memutar otak untuk mempertahankan usaha mereka. Salah satunya mencampur daging sapi dengan daging ayam.

"Daripada menaikkan harga, para pedagang bakso memilih untuk mengubah racikan baksonya dengan memperbanyak daging ayam. Ini yang membuat kita bisa survive sampai saat ini," ungkap Ketua Umum Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (Apmiso) Indonesia Trisetyo Budiman di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (27/3/2013).

Menurutnya, cara tersebut memang efektif untuk bertahan sampai saat ini. Namun, kata dia, jika cara itu terus digunakan sementara harga daging sapi belum juga stabil, maka pedagang bakso bisa ditinggalkan pelanggannya.

"Tentu ini tidak baik. Di awal memang penjualan akan bagus, tetapi perlahan pembeli juga akan tahu dan pergi. Karena bagaimana pun juga bakso, sejak jaman Majapahit adalah bakso sapi," ujarnya.

Untuk itu, ia mendesak pemerintah untuk segera melakukan terobosan kebijakan guna menstabilkan harga daging sapi. "Kami ingin pemerintah segera mencari solusi sebagaimana memberikan solusi atas kenaikan harga bawang butih dan bawang merah. Jangan pilih kasih. Karena kami juga sama-sama terbebani dengan kenaikan harga daging," katanya.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, harga rata-rata daging sapi nasional selama Januari-Februari 2013 telah naik 1,57 persen. Kementerian Pertanian menilai kenaikan harga daging sapi yang terjadi sekarang belum tentu terjadi karena kekurangan pasokan. Untuk mengetahui penyebab sebenarnya, pemerintah masih akan mengkaji permasalahan ini dengan lebih dalam.

Ketua Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Nawir Messi di Jakarta, Selasa (26/3/2013), menduga kuat terjadi praktik kartel dalam kasus bawang dan daging sapi. Dugaan itu mengarah pada perilaku pelaku usaha, tetapi tidak tertutup kemungkinan adanya pengaruh kebijakan pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com