Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

680 Kg Kokain Ditemukan di Dalam Jet Pribadi Taipan Perancis

Kompas.com - 27/03/2013, 14:53 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Kokain bernilai lebih dari 40 juta poundsterling atau sekitar Rp 589 miliar ditemukan di dalam pesawat jet pribadi milik seorang konglomerat Perancis, Alain Afflelou.

Barang haram di dalam pesawat jet Falcon ini ditemukan petugas bea cukai Republik Dominika, beberapa saat sebelum pesawat itu terbang menuju Paris. Pihak berwenang menyita 26 koper berisi 680 kg heroin berkualitas terbaik.

Selain itu, kepolisian Republik Dominika juga menahan empat warga negara Perancis dan sejumlah polisi lokal yang dicurigai terlibat dalam aksi yang diduga terkait jaringan penyelundupan narkoba internasional.

Afflelou membantah mengetahui atau terkait dengan kasus ini. Afflelou mengaku dia menyewakan pesawat itu ke sebuah perusahaan layanan transportasi udara di Lyon, Perancis.

"Alain mendengar kabar ini melalui media dan dia sangat terkejut," kata juru bicara Alain Afflelou.

"Dia (Afflelou) akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan. Sebuah surat yang meminta penjelasan juga sudah dikirim ke perusahaan Perancis itu," lanjut sang juru bicara.

Alain Afflelou (64), yang kekayaannya ditaksir berjumlah 190 juta pounsterling, adalah salah seorang dari sebagian orang kaya Perancis yang pergi dari tanah airnya untuk menghindari pajak pendapatan 75 persen yang diterapkan untuk semua warga negara dengan penghasilan di atas 1 juta euro per tahun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com