Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tenaga Medis WN China Ditangkap Imigrasi

Kompas.com - 27/03/2013, 05:29 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Zhang Renxiang (66), seorang warga negara China yang terbukti melakukan praktik pengobatan alternatif tanpa izin, ditangkap petugas Imigrasi Jakarta Selatan pada Senin (25/3/2013).

Menurut Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Herry Jonhard, Zhang melakukan praktik pengobatan medisnya di Randu Spa yang terletak di Hotel Puri Denpasar, Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Diduga praktik yang dilakukan Zhang telah berlangsung sejak tahun 2008.

"Kalau sesuai izin tinggal, praktiknya mulai Juni 2012. Tapi diduga dia telah beroperasi sejak tahun 2008 dan selama itu dia bolak-balik dengan menggunakan visa kunjungan," kata Herry, Selasa (26/3/2013) di kantor Imigrasi Jakarta Selatan.

Saat menangkap Zhang, pihak Imigrasi melakukan metode penyamaran sebagai pasien. Zhang menetapkan tarif Rp 600.000 hingga Rp 1 juta kepada pasiennya. Selain melakukan praktik medis tanpa izin, Zhang juga diketahui telah memalsukan identitasnya di Indonesia.

"Di data dia mengaku sebagai staf marketing, tapi dalam pelaksanaanya dia mengadakan pengobatan klinik medis," kata Herry.

Zhang terbukti telah melanggar Pasal 122 huruf A UU 06 tahun 2011 dan terancam akan dideportasi dari Indonesia. Selain itu, pihak Imigrasi mengatakan jika keberadaan Zhang di Indonesia ikut melibatkan pihak lain, yaitu PT Victus Sucira Internasional, yang merupakan induk perusahaan dari Randu Spa dan membawahi Hotel Puri Denpasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com