Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN Dukung Pariwisata Mesir

Kompas.com - 26/03/2013, 17:27 WIB
Mustafa Abd. Rahman

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com - Para Duta Besar negara-negara ASEAN di Mesir melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Aswan (sekitar 1.000 km arah selatan kota Kairo) pada 22-25 Maret 2013.

Para Duta Besar ASEAN itu melakukan pertemuan dengan Gubernur Aswan Mayjen Mustafa Ahmad Al Sayeed Ahmad pada 24 Maret 2013, bertempat di kantor Gubernur Aswan.

Para Dubes ASEAN dan Gubernur Aswan saling bertukar informasi mengenai potensi ekonomi dan pariwisata di negara masing-masing. Gubernur Aswan menyampaikan bahwa Mesir memiliki sejarah hubungan yang sangat dekat dengan negara-negara ASEAN, khususnya melalui peran internasional Gerakan Non Blok. Gubernur Aswan mengharapkan agar Mesir dan negara-negara ASEAN di masa mendatang dapat terus meningkatkan kerja sama di berbagai bidang.

Duta Besar RI di Kairo, Nurfaizi Suwandi, selaku koordinator kunjungan para Duta Besar ASEAN, menyampaikan bahwa dipilihnya Aswan sebagai tujuan kunjungan kali ini karena provinsi tersebut memiliki cukup banyak potensi ekonomi, khususnya dari sektor pariwisata.

Menurut Nurfaizi, Aswan memiliki mega proyek high dam yang kiranya dapat menjadi pengayaan referensi dalam rangka menjajaki upaya-upaya peningkatan kerjasama ekonomi dan teknologi antara Mesir dengan negara-negara ASEAN.

Dubes Singapura selaku Ketua ASEAN Committee in Cairo (ACC) menyampaikan bahwa tingkat kerjasama antara Mesir dan negara-negara ASEAN masih jauh lebih sedikit dibanding potensi yang dimiliki oleh kedua belah pihak. Diharapkan di masa mendatang, kerja sama yang terjalin antara negara anggota ASEAN dengan Mesir dapat terus ditingkatkan.

Selama melakukan kunjungan ke Aswan, para Dubes ASEAN yang terdiri dari Duta Besar Indonesia, Brunei, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam (Laos dan Kamboja tidak memiliki kantor perwakilan di Mesir), menyempatkan untuk meninjau proyek High Dam, situs sejarah Unfinished Obelisk, Philae Temple, serta kuil Abu Simbel.

Dari 10 negara anggota ASEAN, terdapat 8 negara yang memiliki Kantor Perwakilan di Kairo, yaitu Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Sejak awal berdirinya hingga saat ini ACC sangat aktif dalam berbagai kegiatan, baik dalam kerangka joint activities ASEAN, maupun kegiatan bilateral ASEAN-Mesir. Di antara kegiatan-kegiatan ACC adalah pertemuan bulanan ACC, ASEAN Family Day, ASEAN Sports Tournament, ASEAN Charities serta berbagai kegiatan bilateral seperti kunjungan para Kepala Perwakilan ASEAN ke Kantor-Kantor Gubernur dan ke berbagai daerah di Mesir, serta pertemuan ACC dengan para pejabat Pemerintah Mesir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com