Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan Bom Tewaskan Dua Politisi Irak

Kompas.com - 26/03/2013, 16:22 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Sebuah bom berkekuatan besar menghancurkan sebuah mobil lapis baja di kota Tuz Khurmatu, sebelah utara Baghdad, Irak, Selasa (26/3/2013), dan menewaskan dua orang politisi dan melukai seorang lainnya.

Bom yang menewaskan juga menewaskan seorang pengawal politisi ini, membuat korban di kalangan kandidat anggota parlemen provinsi Salaheddin yang tewas menjadi 11 orang.

Ketiga politisi itu, Wali Kota Tuz Khurmatu Shallah Abdul, ketua dewan kota Abdulqader Naimi, penasihat provinsi Rashid Khorsid, pergi bersama-sama untuk memeriksa proyek pengaspalan jalan di sebelah utara kota saat bom meledak di dekat mobil lapis baja yang mengangkut para politisi itu.

Naimi dan Khorsid -dua politisi yang tewas- adalah kandidat dalam pemilihan parlemen provinsi yang akan digelar pada 20 April mendatang. Sementara, Shallah Abdul menderita luka parah.

Serangan itu, nampaknya akan meningkatkan suhu politik kota itu yang menjadi pusat sengketa yang bisa memicu perang saudara baru.

Tuz Khurmatu, berpenduduk 110.000 orang dari etnis Arab, Kurdi dan Turkmenistan yang memeluk Syiah. Kota ini terletak 175 km sebelah utara Baghdad, di kawasan yang disengketakan pemerintah Baghdad dan wilayah otonomi Kurdi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com