Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Anjing Rottweiler Bantu Cari Korban Longsor

Kompas.com - 26/03/2013, 15:05 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Dua anjing jenis rottweiler dari satuan Kepolisian Satwa K9 didatangkan untuk membantu proses pencarian korban longsor Kampung Nagrog, Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Berkat daya penciuman anjing pelacak itu, dua korban yang masih tertimbun ditemukan, Selasa (26/3/2013) pagi.  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Maman Sulaiman mengatakan dia yakin bantuan dua anjing tersebut bisa kembali membuahkan hasil positif.

"Hasil penciuman satwa dari K9, sudah terdeteksi ada korban lagi mudah-mudahan bisa ketemu secepatnya," kata Maman saat ditemui di lokasi kejadian.

Kendati optimistis dapat menemukan korban hari ini, pencarian untuk hari ini dihentikan mengingat cuaca di sekitar kejadian mulai turun hujan yang dikhawatirkan dapat memicu longsor susulan.

Ratusan relawan SAR gabungan dari BPBD, BNPB, Basarnas, kepolisian dan TNI berbondong-bondong turun menuju jalur evakuasi. Selain itu, warga yang datang menonton dan orang-orang tidak berkepentingan yang berada di lokasi juga sudah diminta untuk turun.

"Kalau pencarian sebenarnya bisa sampai jam lima sore, tapi tergantung cuaca. Kalau hujan, akan kita hentikan," ujar Maman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com