Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dede Yusuf: Warga Jangan Mendekat

Kompas.com - 26/03/2013, 13:43 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf datang mengunjungi lokasi longsor di Kampung Nagrog, Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Dede mengimbau kepada warga dan orang tidak berkepentingan untuk tidak mendekati daerah bencana longsor karena dianggap masih berbahaya. "Saya sudah minta kepada Kapolres agar anak-anak dan warga yang datang hanya untuk wisata bencana bisa mundur ke daerah yang lebih aman," kata Dede di lokasi kejadian, Selasa (26/3/2012).

Menurut Dede, banyaknya orang-orang tak berkepentingan yang datang dan justru malah menganggu jalannya evakuasi disebabkan ingin sekali tersorot oleh televisi. "Tapi, ini bahaya karena masuk zona merah. Kami harap larangan ini bisa ditaati agar tidak sembarangan orang bisa masuk," ujar Dede.

Larangan tersebut dikatakan Dede juga untuk mencegah bertambahnya korban jiwa jika sewaktu-waktu terjadi longsor susulan. Pasalnya, selain kondisi cuaca yang sulit ditebak, kondisi tanah di tempat tersebut juga masih labil.

"Namanya bencana alam pasti ada evakuasi. Tapi, yang terpenting adalah meminimalisasi korban manusia. Kalau ada ribuan yang masuk kemudian ada longsor susulan, siapa yang tanggung jawab? Karena peluang longsor besar sekali," ucap Dede.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com